Profil

Flower Aceh adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang mengkonsentrasikan diri pada pemberdayaan dan penguatan perempuan akar rumput di pedesaan dan miskin kota yang berspektif gender. Berdiri tanggal 23 September 1989 yang berkedudukan di kota Banda Aceh, dengan wilayah kerja di propinsi Aceh. Bentuk badan organisasi adalah Perkumpulan yang memiliki 17 orang anggota, terdiri dari perwakilan aktifis perempuan, akademisi, ulama dan masyarakat akar rumput.

Visi Flower Aceh:
Mewujudkan tatanan sosial yang demokratis, adil dalam pola relasi perempuan dan laki-laki dalam segala aspek kehidupan, menghargai keberagaman, menolak diskriminasi dan anti kekerasan.

Kegiatan Utama Flower Aceh:

  1. Memperkuat dan mendorong perwujudan hak-hak dasar perempuan marginal dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.
  2. Memperkuat partisipasi perempuan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan di daerahnya.
  3. Mengembangkan pendidikan dan pelatihan-pelatihan untuk memperkuat kepemimpinan perempuan.
  4. Mengembangkan database kasus kekerasan terhadap perempuan dan database lain terkait kelembagaan.
  5. Melakukan advokasi kebijakan untuk pemenuhan hak-hak perempuan.
  6. Memperkuat kapasitas organisasi dan kelembagaan Flower Aceh.
  7. Bekerjasama dengan organisasi perempuan dan lembaga lain yang strategis mulai tingkat lokal, nasional dan internasional untuk memajukan, membela dan meningkatkan kesadaran hak asasi perempuan.

Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, Flower Aceh berpegang pada sejumlah nilai-nilai dasar sebagai berikut:
a. Demokrasi
Setiap proses-proses pengambilan keputusan organisasidibangun secara partisipatif. Keputusan-keputusan yang dilakukan tersebut dilakukan dalam upayanya Flower Aceh berkontribusi untuk memperkuat gerakan penegakan hak-hak perempuan.
b. Anti Kekerasan dan Diskriminasi
Menolak dan melakukan upaya-upaya penghapusan terhadap segala bentuk dan tindak kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan.
c. Kesetaraan
Pola relasi yang seimbang antara perempuan dan laki-laki.
d. Keadilan
Perlakuan yang adil dalam lingkup internal dan eksternal organisasi. Dari sisi internal perlakuan yang diberikan lembaga tidak membeda-bedakan antar staf dan anggota. Dari sisi ekstenalselalu bersikap adil terhadap masyarakat atau kelompok dampingannya dengan tidak membeda-bedakan atas jenis kelamin, suku, ras dan agama.
e. Menghargai Keragaman
Menghargai perbedaan yang ada di masyarakat dalam berbagai bidang baik suku, bangsa, ras, agama, ideologi, budaya dan pilihan politik.

Wilayah Kerja
Bekerja di 7 Kabupaten di Aceh yaitu Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Bireun, Aceh Utara, Aceh Barat dan Aceh Jaya, pada 16 Kecamatan, 24 Desa, serta memiliki 37 Kelompok Perempuan, dengan jumlah anggota pada kelompok perempuan sebanyak 1.011 orang.

Dalam kelembagaan, Flower Aceh memiliki 3 divisi untuk melakukan kegiatan-kegiatan mewujudkan visi dan misi, diantaranya:

1. Divisi Pemberdayaan Masyarakat
Divisi ini melakukan penguatan untuk masyarakat basis melalui pengorganisasian seperti pertemuan kelompok, memberikan pendidikan kritis supaya masyarakat mampu menentukan sikap serta pilihan-pilihan yang terbaik untuk mereka.

2. Divisi Kajian dan Pendidikan Publik
Divisi Kajian dan Pendidikan Publik mempunyai 2 bagian yaitu bagian Indok (Informasi dan Dokumentasi) dan bagian Kampanye. Pada bagian Indok mendistribusikan informasi-informasi mengenai persoalan-persoalan yang dihadapi perempuan melalui penerbitan newsletter, buku serta informasi melalui email dan juga membuat data based lembaga serta pengelolaan pustaka. Bagian Kampanye melakukan investigasi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan melakukan advokasi melalui jalur non-litigasi serta melakukan kajian-kajian kebijakan serta diskusi mengenai persoalan perempuan.

3. Divisi Pengembangan Kelembagaan
Dalam upaya penguatan kapasitas kelembagaan melakukan rancangan pengembangan kualitas SDM staf melalui magang serta pelatihan-pelatihan sesuai dengan kebutuhan.

Susunan Kepengurusan Periode Februari 2015- Januari 2018 :
Dewan Pengawas:
Ketua : Khairani Arifin, SH, M.Hum
Sekretaris : Fitriana,
Anggota : Erwin Setiawan, SE. Ak

Penanggungjawab Pelaksana Harian:
Desy Setiawaty (Direktur Pelaksana)

Sekretariat Flower Aceh :
Jalan Residen Danubroto, No.7
Geuceu Kayee Jato-Banda Aceh
Telp. 0651-45755
Email : flower_aceh@yahoo.com