Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita

Reproduksi wanita merupakan salah satu bagian tubuh dari pada kaum hawa yang sangat rentan akan terserang penyakit karena cukup banyaknya aktivitas yang terjadi pada sistem reproduksi tersebut. Pada wanita, tentunya anda akan mengalami masa menstruasi dan juga masa melahirkan. Maka dari itu, penting bagi para wanita untuk mengenal dan mulai menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan baik dan benar.

Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai kesehatan reproduksi wanita beserta bagian yang terdapat pada sistem reproduksi tersebut. Pertama-tama, akan dijelaskan mengenai bagian yang terdapat pada sistem reproduksi yang dimiliki oleh wanita.

Bagian-bagian tersebut antara lain yaitu:

  • Terdapat vagina dan leher rahim, alat ini berfungsi sebagai tempat masuknya sperma dalam membuahi sel telur.
  • Kemudian terdapat bagian ovarium, dimana di bagian inilah terjadi pembuahan sel telur dan juga mengatur hormon pada wanita.
  • Selain itu, terdapat juga saluran tuba. Saluran ini merupakan tempat terjadinya pembuahan serta pertumbuhan embrio pada minggu kedua.
  • Tidak kalah pentingnya yaitu rahim, seperti yang diketahui bahwa rahim menjadi tempat embrio berada dan tertanam selama masa pertumbuhan janin sembilan bulan.

Setelah mengetahui mengenai bagian-bagian sistem reproduksi wanita, dimana keseluruhannya merupakan bagian penting bagi seorang wanita. Kini akan dijelaskan pula mengenai kesehatan reproduksi wanita. Bahwa banyak pendapat tentang kesehatan ini bukan hanya sekedar kebersihan alat reproduksinya saja. Melainkan juga menjadi cara anda untuk menjaga sistem reproduksi tersebut agar tetap bersih dan anda bisa dengan aman serta nyaman dalam menikmati hubungan seksual anda.

Maka dari itu, disini akan dijelaskan mengenai cara tepat menjaga kesehatan reproduksi wanita agar terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya, adapun cara-cara tersebut antara lain yaitu:

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

  1. Jauhilah dari kebiasaan merokok. Tahukah anda, bahwa dengan membiasakan diri merokok akan merusak bagian ovarium anda dimana bagian ini penting adanya dalam proses pembuahan sel telur. Jika bagian ini rusak makan akan berpengaruh pada saat masa pembuahan dan kemungkinan besarnya akan mengalami kegagalan dalam pembuahan.
  2. Pola makan teratur, kontrol berat badan dan lakukan diet. Salah satu penyebab lambatnya proses kehamilan pada wanita terjadi karena wanita tersebut mengalami kegemukan. Jika anda termasuk wanita gemuk, makan anda akan mengalami masalah menstruasi yang tentunya akan mengganggu pula pada masa reproduksi anda. Namun, terlalu kurus pun tidak baik karena pada kondisi tubuh anda yang terlalu kurus maka akan menghambat berkembangnya hormon estrogen.
  3. Lakukanlah aktivitas seks yang aman. Seks menjadi salah satu peran utama juga bagi anda yang ingin menjaga kesehatan alat reproduksi anda. ingatlah bahwa penyakit berbahaya seperti HIV AIDS bisa menular melalui hubungan seks, maka dari itu penting adanya bagi anda untuk mengingat tentang melakukan hubungan seks yang aman demi kesehatan anda dan juga masa reproduksi anda.
  4. Usahakan untuk membuat jadwal pemeriksaan rutin alat reproduksi anda kepada dokter, dengan begitu anda akan mengetahui sedang mengalami masa yang sehat dan subur atau mungkin anda sedang terkena suatu penyakit. Jadi penting untuk anda melakukan pemeriksaan ini.
  5. Jika anda terprediksi terkena suatu penyakit pada sistem reproduksi anda, usahakanlah untuk melakukan pengobatan secara maksimal hingga benar-benar sembuh. Jangan remehkan sakit yang berkelanjutan dan juga masa menstruasi yang tidak menentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter.
  6. Hal terpenting yaitu jalanilah hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, tidak merokok, tidur cukup, tidak stress dan olahraga dengan teratur.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*