Survey Tentang Permasalahan Gizi Perempuan & Perempuan Muda

Kota Banda Aceh & Kabupaten Aceh Utara

Flower Aceh bersama 7 lembaga Konsorsium Perempuan Sumatera Mampu (Permampu) lainnya dalam periode ini melakukan sebuah penelitian melalui metode survey. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) Mendapatkan informasi tentang masalah pemenuhan gizi yang terjadi pada perempuan dan perempuan muda di masing-masing wilayah yang mencakup: (a). informasi tentang pengetahuan perempuan dan perempuan muda tentang gizi, termasuk pola makan yang sesuai dengan pedoman gizi yang benar, (b). informasi tentang mitos-mitos dalam masyarakat yang berkaitan erat dengan masalah gizi dan perempuan, (c). Informasi tentang isu-isu gender yang ada di masyarakat yang berpengaruh pada masalah gizi perempuan, (d). informasi dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan mengenai pengelolaan program gizi di Puskesmas dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah stunting dan gizi perempuan; 2). Melakukan analisis tentang penyebab persoalan yang diadukan dan merumuskan rencana perbaikan oleh penyedia pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas dan Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten/kota; 3). Melakukan analisis mengenai hubungan antara perkawinan anak dengan munculnya kasus stunting termasuk anemia dan 4). Memperoleh pandangan mengenai upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan gizi perempuan dan masalah stunting serta anemia.

Kegiatan survey dilakukan pada 2 (dua) kabupaten/kota di wilayah program HKSR yang sedang dijalankan oleh Flower Aceh, yaitu Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Utara dengan total jumlah responden sebanyak 200 orang perempuan di 4 kecamatan, rincian jumlah responden sebagai berikut:

No Wilayah Responden
Kabupaten/Kota Kecamatan Perempuan Dewasa Perempuan Muda
1 Banda Aceh Meuraxa & Luengbata 95  5
2 Aceh Utara Kuta Makmur & Muara Batu 82 18
Total Responden 177 23

Tahapan kegiatan dilakukan melalui proses kegiatan di 2 (dua) kabupaten/kota: Audiensi ke Dinas Kesehatan, Pelatihan untuk Surveyor, Lokakarya Identifikasi Masalah, Survey, Studi Kasus, Lokakarya Analisa Masalah, FGD untuk proses kesepakatan rencana tindak lanjut/rekomendasi-rekomendasi yang akan dilaksanakan kedepan bersama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Terakhir, Flower Aceh bersama para pihak di Pemerintahan Kota Banda Aceh menindaklanjuti rencana advokasi.

Rincian Pelaksanaan Kegiatan Survey:

No Kegiatan Jadwal Wilayah Peserta
Pr Lk
1 Persiapan Tim Survey Flower Aceh April 2017 Banda Aceh 15 1
2 Audiensi Dinas Kesehatan April 2017 Banda Aceh

Aceh Utara

7

15

3

5

3 Pelatihan Surveyor April 2017 Banda Aceh

Aceh Utara

5

5

4 Lokakarya Identifikasi Masalah Mei 2017 Banda Aceh

Aceh Utara

29

29

1

7

5 Survey Mei 2017 Banda Aceh

Aceh Utara

100

100

6 Studi Kasus (wawancara & FGD) Juni 2017 Banda Aceh

Aceh Utara

1

9

7 Lokakarya Analisa Masalah

 

Juni 2017 Banda Aceh

Aceh Utara

20

28

1

8 FGD penajaman rekomendasi     17 2

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*